Senin, 31 Desember 2012

Konsep Dan Definisi Kurs



          Mata uang meyediakan suatu nilai, media pertukaran atau alat tukar, dan unit pengukuranbagi transaksi ekonomi. Mata uang dari negara yang berbeda akan melaksanakan dua fungsi yang pertama dengan tingkat efisiensi yang bervariasi, tetapi pada intinya semua mata uang menyediakan unit pengukuran untuk aktivitas ekonomi dan sumberdaya dari negaranya masing-masing.
          Agar transaksi dimasukan dalam catatan keuangan, transaksi itu harus diukur dalam mata uang. Pada umumnya, mata uang yang digunakan untuk mencatat transaksi dan yang diperlukan untuk menyelesaikan transaksi itu adalah sama.

KUOTASI ATAU KUTIPAN LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG KURS
          Nilai tukar atau kurs (exchange rute) adalah rasio antara unit dari satu  mata uang dan jumlah mata uang lainnya dimana unit tersebut dapat dipertukaran pada suatu waktu tertentu. Nilai tukar atau kurs dapat saja ditetapkan oleh unit pemerintah atau dibiarkan berfluktuasi (mengambang) mengikuti perubahan di pasar mata uang atau valuta.
          Kurs resmi atau kurs tetap ditetapkan oleh pemerintah dan tidak berubah meskipun terjadi perubahan di pasar valuta dunia. Kurs bebas atau kurs mengambang adalah kurs yang merefleksikan fluktuasi harga pasar suatu mata uang berdasarkan penawaran dan permintaan serta faktor lainnya di pasar mata uang atau valuta dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar