Senin, 02 April 2012

Pengertian Pemasaran dan Unsur Pokok Pemasaran

Pengertian Pemasaran
Untuk sekian lama pengertian pemasaran sering diartikan dengan penjualan. Pengertian pemasaran sebenernya lebih luas dari kegiatan penjualan. Bahkan sebaliknya, penjualan adalah sebagian dari kegiatan pemasaran.
           
Tujuan kegiatan pemasran bukanlah sederhana dan sepihak(untuk kepuasan konsumen saja). Tetapi tujuan sebenarnya adalah demi kepentingan perusahaan juga. Konsumen yang puas karena kebutuhannya terpenuhi akan merupakan pelanggan yang menggantungkan perusahaan. Dengan kata lain tujuan perusahaan akan dicapai melalui pencapaian tujuan konsumen. Pemasaran juga bukan nmonopoli kegiatan bisnis yang hanya menggatunggkan keuntungan saja. Individuala atau organisasi perlu melakukan kegiatan pemasaran untuk pencapaian tujuannya.

Secara umum pengertian pemasaran adalah:
            Pemasaran adalah kegiatan pemasaran untuk menjalankan bisnis guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.

Unsur Pokok dalam kegiatan pemasaran adalaah :
1.Pemasar
            Pemasar adalah organisasi perusahaan atau perorangan yang mempunyai tujuan tertentu bagi organisasi maupun pribadinya. Tujuan pemasar tersebut misalnya keuntungan survive, pangsa pasar, kesetiaan pelanggan, kesejahteraan, dan sebagainya yang harus dipenuhi.

2.Barang dan Jasa
            Apapun bentuk sesuatu yang ditawarkan produsen untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Barang dapat bersifat konkret, tidak konkret(jasa) atau kombinasinya.

3.Pasar
            Pasar adalah konsumen pribadi atau organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud sebagai permintaan terhadap barang atau jasa.

4.Proses Pertukaran
            Pertukaran adalah kegiatan dua pihak yang masing-masing memerlukan sesuatu milik pihak yang lain sebagai usaha untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan masing-masing.

1 komentar: