Kamis, 08 Maret 2012

Permintaan dan Penawaran

Pengertian Permintaan:
Permintaan adalah jumlah keseluruhan barang atau jasa yang ingin dibeli oleh konsumen pada berbagai macam tingkat harga. Atau dengan kata lain permintaan adalah : fungsi yang menunjukan hubungan antara setiap tingkat harga dengan jumlah barang atau jasa yang ingin dibeli oleh konsumen pada masing-masing tingkat harga tersebut.

Hukum Permintaan :
Hukum permintaan adalah hukum yang menjelaskan tentang adanya hubungan yang bersifat negatif antara tingkat harga dengan jumlah barang yang diminta. Apabila harga naik jumlah barang yang diminta sedikit dan apabila harga rendah jumlah barang yang diminta meningkat. Dengan demikian hukum permintaan berbunyi:

 “Semakin turun tingkat harga, maka semakin banyak jumlah barang yang tersedia diminta, dan sebaliknya semakin naik tingkat harga semakin sedikit jumlah barang yang bersedia diminta.”

Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan adalah :
*      Harga barang yang bersangkutan
*      Harga barang lain yang berhubungan dengan barang tersebut
*      Pendapatan rata-rata masyarakat
*      Distribusi pendapatan masyarakat
*      Jumlah penduduk
*      Selera masyarakat
*      Prediksi masyarakat tentan kondisi di masa 6yang akan datang

Pengertian Penawaran :
Penawaran adalah jumlah keseluruhan barang atau jasa yang ingin dijual atau ditawarkan oleh produsen pada berbagai macam tingkat harga. Atau dengan kata lain penawaran adalah : fungsi yang menunjukan antara setiap tingkat harga dengan jumlah barang atau jasa yang ingin dijual atau ditawarkan oleh produsen pada masing-masing tingkat harga tersebut.

Hukum Penawaran :
Bahwa semakin tinggi harga, jumlah barang yang ditawarkan semakin banyak. Sebaliknya semakin rendah harga barang, jumlah barang yang ditawarkan semakin sedikit. Inilah yang disebut hukum penawaran. Hukum penawaran menunjukkan keterkaitan antara jumlah barang yang ditawarkan dengan tingkat harga. Dengan demikian bunyi hukum penawaran berbunyi:

“Semakin tingi harga, semakin banyak jumlah barang yang bersedia ditawarkan. Sebaliknya, semakin rendah tingkat harga, semakin sedikit jumlah barang yang bersedia ditwarkan.”

Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran :
Ø  Harga barang yang bersangkutan
Ø  Harga barang lain yang berhubungan dengan barang tersebut
Ø  Biaya produksi
Ø  Teknologi
Ø  Prediksi harga dimasa akan datang
Ø  Kebijakan pemerintah seperti pajak dan subsidi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar