Rabu, 21 Maret 2012

Jenis-jenis Pajak


          Dalam setiap pereokonomian pemerintah perlu melakukan berbagai jenis perbelanjaan. Pengeluaran-pengeluaran untuk membiayai pemerintah, membangun dan memperbaiki infrastruktur, menyediakan fasilitas pendidikan dan kesehatan, dan membiayai anggota polisi dan tentara untuk menjaga keamanan merupakan pengeluaran yang tidak boleh dielakan pemerintah. Dana tersebut terutama diperoleh dari pungutan pajak ke atas rumah tangga danperusahaan. Uraian dibawah ini secara ringkas menerangkan struktur pajak yang menjadi sumber dana untuk membiayai pengeluaran pemerintah.
A.    Pajak Langsung dan Pajak T idak Langsung
1.Pajak Langsung adalah jenis pungutan pemerintah yang merupakan secara langsung dikumpulkan dari pihak yang wajib membayar pajak. Pajak yang dipungut dan dikenkan ke atas pendapatan mereka dinamakan pajak langsung, yaitu pajak yang secara langsung dipungut dari orang yang berkewajiban untuk membayar pajak.
2.Pajak Tak Langsung adalah pajak yang bebannya dapat dipindah-pindahkan kepada pihak lain. Salah satu jenis pajak tak langsung yang penting adalah pajak impor.
B.     Bentuk-Bentuk Pajak Pendapatan

Disamping dengan cara penggolongan seperti yang baruditerangkan, sistem pajak dapat pula dibedakan berdasarkan penggolongan berikut : pajak regresif, pajak proposional dan pajak progresif.
1.Pajak Regresif adalah sistem pajak yang presentasi pungutan pajaknya menurun apabila pendapatan yang dikenakan pajak menjadai bertambah tinggi dinamakan pajak regresif. Dalam sistem ini, pada pendapatan rendah, pajak yang dipungut meliputi bagian tinggi dari pendapatan tersebut. Tetapi, semakin tinggi pendapatan semakin kecil presentasi pajak itu dibandingkan dengan keseluruhan pendapatan.
2.Pajak Proposional  adalah presentasi pungutan pajak yang tetap besarnya pada berbagai tingkat pendapatan, yaitu dari pendapatan yang sangat rendah kepada yang sangat tinggi, dinamakan pajak proposional.
3.Pajak Regresif  adalah sistem pajak yang presentasinya bertambah apabila pendapatan semakin meningkat. Pajak ini menyebabkan pertambahan nominal pajak yang dibayar akan menjadi semakin cepat apabila pendapat semakin tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar