SEJARAH E-COMMERCE
E-commerce pertama kali
diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai
untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut
Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2
milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu,
pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan
akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.
PENGERTIAN E-COMMERCE
E-commerce atau bisa
disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian,
penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet
atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan
transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen
inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi
informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari
e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti:
transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran
(e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi
online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic
data interchange /EDI), dll.
E-dagang atau e-commerce
merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak
hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis,
pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www,
e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases),
e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang
lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk
e-dagang ini.
APLIKASI UMUM E-COMMERCE
Beberapa aplikasi umum
yang berhubungan dengan e-commerce adalah:
Ø
E-mail dan Messaging
Ø
Content Management Systems
Ø
Dokumen, spreadsheet, database
Ø
Akunting dan sistem keuangan
Ø
Informasi pengiriman dan pemesanan
Ø
Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
Ø
Sistem pembayaran domestik dan internasional
Ø
Newsgroup
Ø
On-line Shopping
Ø
Conferencing
Ø
Online Banking.
Perusahaan yang terkenal dalam bidang
ini antara lain:
- eBay
-Yahoo
-Amazon.com
-Google
-Paypal.
MANFAAT E-COMMERCE
Berikut ini adalah
beberapa Manfaat dari E-Commerce :
· Revenue stream baru
· Market exposure, melebarkan jangkauan
· Menurunkan biaya
· Memperpendek waktu product cycle
· Meningkatkan customer loyality
· Meningkatkan value chain
· Revenue stream baru
· Market exposure, melebarkan jangkauan
· Menurunkan biaya
· Memperpendek waktu product cycle
· Meningkatkan customer loyality
· Meningkatkan value chain
FAKTOR KUNCI SUKSES
E-COMMERCE
Dalam banyak kasus,
sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan
kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman
yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik,
jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa
faktor yang termasuk:
·
Menyediakan harga kompetitif
·
Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
·
Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan
jelas.
·
Menyediakan banyak bonus seperti kupon,
penawaran istimewa, dan diskon.
·
Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
·
Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan
dari pelanggan, dan lain-lain.
·
Mempermudah kegiatan perdagangan
ISTILAH E-COMMERCE
Digital atau electronic
cash: juga dikenal sebagai e-cash, istilah ini ditujukan untuk beberapa pola /
metoda yang memungkinkan seseorang untuk membeli barang atau jasa dengan cara
mengirimkan nomor dari satu komputer ke komputer yang lain. Nomor tersebut,
seperti yang terdapat di mata uang, di isukan oleh sebuah bank dan
merepresentasikan sejumlah uang betulan. Salah satu kelebihan yang dibawa oleh
digital cash adalah sifatnya yang anonymous dan dapat di pakai ulang, seperti
uang cash biasa. Hal ini merupakan perbedaan utama antara e-cash dengan
transaksi kartu kredit melalui Internet.
Digital money: adalah
terminologi global untuk berbagai e-cash dan mekanisme pembayaran elektronik di
Internet.
Disintermediation: adalah
proses untuk memotong jalur perantara. Kira-kira pada saat perusahaan yang
berbasiskan web membypass kanal retail tradisional dan menjual secara langsung
ke pelanggan / pembeli, maka perantara tradisional - seperti toko dan jasa mail
order - akan kehilangan pekerjaan.
Electronic checks: Sistem check elektronik seperti PayNow akan mengambil
uang dari account check di bank pelanggan untuk membayar PAM atau telepon.
Electronic wallet: Pola pembayaran akan
menyimpan nomor kartu kredit anda di harddisk anda dalam bentuk terenkripsi
yang aman.
Extranet: adalah sebuah
kelanjutan dari intranet perusahaan yang mengkaitkan jaringan internal satu
perusahaan dengan jaringan internal supplier mereka maupun pelanggan mereka.
Dengan cara itu sangat mungkin untuk mengembangkan aplikasi e-commerce yang
memungkinkan menyambungkan semua aspek bisnis, dari proses pemesanan hingga
pembayaran.
Micropaymet: transaksi dalam jumlah kecil antara beberapa ratus rupiah
hingga puluhan ribu rupiah, misalnya untuk mengambil / mengakses grafik, game
maupun informasi.
SUMBER :
22 Juni 2012, 10:55
Tidak ada komentar:
Posting Komentar